Minggu, 04 November 2012

Tugas Ilmu Sosial Dasar

Tugas 2 Ilmu Sosial Dasar 

Nama   : Anjar Rahmannita

NPM   : 10611938
Kelas    : 2SA05
Tugas    : Tugas 2

Jelaskan Mengenai Definisi Keindahan? 


- Menurut http://jodhienggal.blogspot.com/2012/03/apa-itu-keindahan.html

  Apa itu keindahan?Indah, suatu kata yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita sering mendengar ataupun mengucapkan kata tersebut jika melihat suatu hal yang menurut kita bagus, mempesona, ataupun menarik hati. Indah, merupakan sebuah anugrah dari Allah yang diberikan kepada manusia agar manusia dapat merasakan suatu hal yang berbeda, sehingga manusia dapat menggunakan akal dan pikirannya untuk menciptakan sebuah keindahan lain yang mungkin dapat berguna bagi dirinya maupun orang lain.Keindahan adalah sesuatu yang relatif, dimana setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda terhadap apa yang mereka sebut dengan indah. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda pada suatu benda, ada yang mungkin berpikir benda tersebut indah dan baik, biasa saja, dan ada pula yang menganggap tidak indah karena mereka tidak tertarik pada hal tersebut. Keindahan juga tidak bersifat lama atau terkadang tidak bertahan lama. Ada suatu hal yang jika dilihat pertama atau sekali saja dapat menimbulkan perasaan kagum dan membuat orang berpikir bahwa itu indah, namun ada juga yang apabila dilihat berkali-kali menimbulkan rasa bosan terhadap hal tersebut. Jadi suatu keindahan diukur dari pemikiran masing-masing orang yang berbeda satu sama lain.
- Menurut http://emmnisa.blogspot.com/2011/12/definisi-keindahan.html

Definisi keindahan
Keindahan  adalah sesuatu yang mendatangkan rasa sedang bagi yang melihatnya (Leo Tolstoy, pujangga Rusia), keindahan adalah sesuatu yang mendatangkan rasa senang (Humo, pujangga Inggris), dan keindahan adalah sesuatu yang paling banyak mendatangkan rasa senang (Hemsterhuis, pujangga Belanda)Keindahan adalah susunan yang teratur dari bagian yang erat antara satu dengan lainnya (Baumgarten, pujangga Jerman), keindahan adalah sesuatu yang memiliki proporsi yang harmonis (Shaftesbury, pujangga Jerman), Keindahan adalah keserasian obyek dengan tujuannya (Emmanuel Kant).Keindahan atau keserasian diwujudkan dalam bentuk ukuran, perpaduan, pertentangan atau keseimbangan. Ukuran segi panjang yang indah adalah 3 berbanding 5, perpaduan kulit yang gelap dengan baju yang berwarna lembut adalah serasi, pertentangan tinggi rendah atau keras lembutnya suara musik adalah indah dan keseimbangan yang tercipta dari seorang yang bertubuh tinggi mengenakan baju bergaris horisontal atau orang yang pendek mengenakan baju bergaris vertikal adalah serasi.Keindahan berasal dari kata indah yang artinya bagus, cantik, atau elok. Indah sama dengan “beauty” (bahasa Inggris), “Beau” (bahasa Perancis) atau “Bello” (bahasa Italia). Keindahan dapat diartikan secara artistik, terbatas, dan luas.- Menurut 
http://nadia-fadhila.blogspot.com/2011/11/tugas-4.html


Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keidahan identik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan.
Keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide, kebaikan. Keindahan dalam arti estetika murn menyangkut pengalaman eksentrik seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang di serapnya. Keindahan  dalam arti terbatas mempunyai arti yang di smpitkan sehungga hanya mengakui benda-benda yang di tangkap oleh indera penglihatan, yakni keindahan berupa warna.

Menurut saya, keindahan itu adalah hal yang bisa kita nikmati dimanapun, yang tiada batasnya. Tuhan menciptakan segala sesuatu didunia ini termasuk makhluk hidup dengan memiliki keindahan masing-masing. misalnya saja manusia, binatang serta tumbuh-tumbuhan. dengan melihat keindahan setiap saat pikiran serta perasaan kita akan membaik, keindahan itu sangat penting peranannya didunia ini, karena tanpa keindahan dunia tidak ada apa-apanya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar