Kamis, 11 Oktober 2012

TULISAN ILMU DASAR SOSIAL

Tulisan 1 Ilmu Sosial Dasar

Nama   : Anjar Rahmannita
NPM   : 10611938
Kelas    : 2SA05
Tugas    : Tulisan 1

-Kepribadian Bangsa Timur
     
        Kepribadian bangsa timur tentunya berbeda dengan bangsa barat, bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang  khas dalam kebiasaan serta pola fikir yang ketimuran. umumnya bangsa timur ini lebih mendahulukan nilai dan norma serta etika dan adat kebudayaan setempat yang sangat dijunjung oleh masyarakat timur. bangsa timur biasanya tidak individualis artinya saling membantu dan bergotong royong dalam bermasyarakat, bertoleransi tinggi, saling menghormati serta memiliki tutur kata yang santun dan cara berpakaian yang sopan, dengan begitu maka sifat keramah-tamahan bangsa timur tidak perlu diragukan lagi.
         Indonesia dan Korea Selatan misalnya adalah beberapa negara yang termasuk bangsa timur, oleh karena itu banyak kesamaan dari dua negara tersebut misalnya kedua negara tersebut sama-sama sangat menghormati orang yang lebih tua, kesopanan dan kesantunan merupakan tolak ukur seberapa baikkah etika dari seseorang tersebut, mempunyai tutur kata yang sopan serta kebiasaan atau adat yang berlaku misalnya setiap makan orang yang lebih muda akan mempersilahkan yang lebih tua untuk menikmati makanan duluan, untuk menghormati orang yang lebih tua, hal tersebut sama-sama berlaku dikedua negara yang memang termasuk bangsa timur (terlebih di Korea Selatan).
         Sifat-sifat dari bangsa timur di atas sudah memberi 'tanda', bahwa kepribadian bangsa timur yang kental dengan kesopanan, kesantunan, tata krama, keramahan, adat istiadat, nilai-nilai serta norma-norma yang sangat di junjung tinggi oleh masyarakatnya tidak perlu diragukan lagi. walaupun begitu entah itu kepribadian timur, barat ataupun yang lainnya pastilah ada positif dan negatifnya, setiap wilayah pasti memiliki kepribadian serta kebudayaannya tersendiri, itulah yang membuat dunia ini unik dan bervariasi. yang terpenting menanggapinya adalah dengan saling menghargai bila ada perbedaan, hal tersebut akan membuat dunia ini menjadi aman dan tentram.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar